Surah Al-Muzzammil (Arab: المزمّل ,”Orang Yang Berselimut”) adalah surah ke-73 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 20 ayat. Dinamakan Al Muzzammil yang berarti “Orang yang berselimut” di ambil dari kata Al Muzzammil yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Yang dimaksud dengan orang yang berselimut ialah Nabi Muhammad S.A.W.

1. Wahai orang yang berselimut,
2. shalatlah pada malam hari, sekalipun sebentar,
3. yaitu separuh malam atau kurang sedikit dari itu,
4. atau lebih sedikit dari itu. Bacalah Al-Qur’an dengan tartil.
5. Kami akan menurunkan kepadamu perintah yang berat.
6. Shalat malam itu lebih berkesan dalam hati daripada shalat siang. Bacaan shalat malam lebih berkesan dalam hati.
7. Engkau mempunyai kesibukan yang padat pada siang hari.
8. Ingatlah nama Tuhanmu dan hadapkanlah hatimu kepada-Nya sepenuh hati,
9. Tuhan yang menguasai timur dan barat. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah. Karena itu, berpasrah dirilah kamu kepada-Nya dalam semua urusan.
10. Wahai Muhammad, bersabarlah kamu menghadapi celaan kaum kafir Quraisy. Jauhkanlah dirimu dari perbuatan syirik mereka dengan cara yang baik.
11. Biarkanlah Aku menghadapi kaum yang menikmati kesenangan dunia dan mendustakan Al-Qur’an. Berikan kepada mereka kesempatan sebentar.
12. Kami mempunyai belenggu-belenggu dan neraka Jahim,
13. dan makanan yang menyumbat tenggorokan ketika ditelan, serta adzab yang pedih.
14. Adzab yang turun pada saat bumi berguncang dan gunung-gunung berhamburan menjadi kerikil yang beterbangan.
15. Wahai manusia, Kami telah mengutus seorang rasul kepada kalian untuk menjadi saksi bagi kalian, sebagaimana Kami telah mengutus seorang rasul kepada Fir’aun.
16. Akan tetapi Fir’aun durhaka kepada rasul itu. Lalu Kami siksa Fir’aun dengan siksa yang membinasakan.
17. Wahai manusia, jika kalian mengingkari adanya hari kiamat, bagaimana cara kalian menyelamatkan diri dari adzab pada hari itu? Adzab yang dapat menyebabkan rambut anak-anak beruban.
18. Saat itu langit pecah berkeping-keping. Sungguh ancaman Tuhan itu pasti terjadi.
19. Ayat-ayat Al-Qur’an ini menjadi peringatan akan terjadinya kiamat. Karena itu, apakah ada orang yang mau beriman kepada Tuhannya dan melakukan amal shalih untuk mencari keridhaan-Nya?
20. Wahai Muhammad, Tuhanmu mengetahui bahwa kamu melakukan shalat malam kurang sedikit dari dua pertiga malam atau setengahnya atau sepertiganya. Begitu pula sebagian dari sahabatmu. Allah telah menentukan kadar malam dan siang. Wahai kaum mukmin, Allah mengetahui bahwa kalian tidak akan pernah mampu melaksanakan shalat malam terus menerus. Karena itu, Allah memberikan ampunan kepada kalian. Bacalah ayat-ayat Al-Qur’an yang mudah bagi kalian. Allah mengetahui bahwa di antara kalian ada yang sedang sakit atau ada yang pergi mencari rezeki Allah di muka bumi. Sedangkan yang lain pergi berperang untuk membela Islam. Karena itu, bacalah ayat-ayat Al-Qur’an yang mudah bagi kalian. Dirikanlah shalat, dan keluarkanlah zakat, serta dermakanlah harta kalian untuk membela Islam. Apa pun amal shalih yang telah kalian lakukan untuk bekal akhirat, pasti kalian akan mendapatkannya kembali di sisi Allah dengan pahala lebih baik dan lebih banyak. Mohonlah ampun kepada Allah. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang kepada semua makhluk-Nya.

source

Leave a Reply

Close Menu