Tadabbur Ayat

Carilah Hatimu di Tiga Tempat Ini

Carilah Hatimu Sahabat

Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyyah berkata :

“Carilah hatimu di tiga tempat ini ;

di saat engkau mendengarkan Al Qur’an,
di saat engkau berada di majlis dzikir (majlis ilmu) dan
di saat engkau menyendiri bermunajat kepada Allah.

Jika engkau tidak temukan hatimu di sana, maka mintalah kepada Allah agar Memberimu hati karena sesungguhnya engkau sudah tak punya hati lagi” (Al Fawaid 1/148)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Rabb mereka, mereka bertawakkal”. (QS Al Anfal 2)

“Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong”. (QS As Sajadah 15)

Doa setelah membaca Al-Qur’an

اَللَّهُمَّارْحَمْناَبِالْقُرْآنْ،وَاجْعَلْهُلَناَإِماَماًوَنُوْراًوَهُدًىوَرَحْمَةْ

اَللَّهُمَّ ذَكِّرْناَمِنْهُ ماَ نَسِيْناَ،وَعَلِّمْناَ مِنْهُ ماَ جَهِلْناَ،وَارْزُقْنـاَ تِلاَوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَالنَّهاَرْ، وَاجْعَلْهُ لَناَ حُجَّةً، ياَرَبَّ الْعاَلمَيِنْ.

 “Ya Allah limpahkanlah kasih sayang-Mu kepada kami dengan Al Qur’an, jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami”.

“Ya Allah ingatkanlah apa-apa yang kami lupa darinya, ajarkanlah yang kami tidak tahu, dan limpahkanlah rizki kepada kami (dalam bentuk) membacanya sepanjang siang dan malam hari. Dan jadikanlah ia pembela kami di hari kiamat nanti, wahai Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang“.

Semoga bermanfaat.

Show More

One Comment

Tulis Komentar

Back to top button
Close